Yuk Cari Tahu Penyebab Umum Kanker Hati di Sini!

Penyebab Umum Kanker Hati

Sumber gambar shutterstock.com
Kanker hati yaitu tumor utama yang tumbuh di hati dan tidak disebabkan oleh penyebaran dari organ lain dalam tubuh. Penyebab kanker hati tidak diketahui dengan baik. Akan tetapi, penyebab umum kanker hati bisa karena hepatitis yang mengarah pada kanker hati. 
 
Dilansir dari laman Alodokter, kanker hati terjadi ketika sel-sel organ hati berubah atau bermutasi. Menyebabkan sel akan tumbuh tidak terkendali dan membentuk tumor. Beberapa orang yang mempunyai penyakit kanker hati tidak memiliki atau beberapa faktor risiko. Faktor risiko hanya menandakan memiliki kesempatan besar terkena penyakit kanker hati. Berikut beberapa faktor risiko kanker hati:
 
1.    Hepatitis Kronis.
Mempunyai infeksi virus jangka panjang dari virus hepatitis B dan virus hepatitis C merupakan salah satu risiko penyebab kanker hati. Dikarenakan virus ini umum di dunia. Di asia dan negara berkembang HBV adalah penyebab umum kanker hati. Seperti yang dilansir dari laman Hello Sehat, orang yang terkena infeksi HBV dan HCV memiliki risiko tinggi mengembangkan sirosis, hepatitis, dan kanker hati kronis. 
 
Virus ini bisa menyebar dari orang ke orang melalui seks tanpa kondom, berbagi jarum yang terkontaminasi, atau melahirkan. Ketika seseorang terinfeksi HBV, cenderung memiliki gejala seperti flu dan mata serta kulit menguning. Maksud dari kuning ini yaitu karena penyakit yang disebut penyakit kuning. Kebanyakan orang yang bisa sembuh dari infeksi ini hanya beberapa saat saja. Akan tetapi, banyak orang dengan infeksi kronis mempunyai risiko tinggi terkena kanker hati. 
 
HBV lebih banyak menyebabkan gejala daripada HCV. Namun, bukan berarti bahwa itu tidak serius. Biasanya orang yang terinfeksi HCV cenderung mengembangkan infeksi kronis yang menyebabkan kerusakan hati. Hepatitis A dan hepatitis E sebenarnya juga bisa merusak hati, tetapi orang yang terinfeksi virus ini tidak menyebabkan sirosis atau hepatitis kronis, dan tidak memiliki risiko kanker hati.
 
2.    Sirosis.

Sirosis merupakan penyakit yang berhubungan dengan kanker hati. Beberapa tingkat sirosis memiliki sebagian besar kanker hati. Orang dengan sirosis hatinya rusak memiliki risiko peningkatan kanker hati. Penyebab umum sirosis yaitu memiliki hepatitis B dan C, atau mengonsumsi alkohol berlebih.
 
3.    Jenis kelamin dan usia.
Pria memiliki peluang tinggi mengalami kanker hati. Kesempatan pria terkena kanker hati 1 dari 82, sedangkan wanita 1 dari 196. Jumlah ini berkontribusi pada faktor gaya hidup lain. Usia juga menjadi faktor risiko terkena kanker hati. 
 
4.    Penyakit metabolik turunan.
Beberapa penyakit metabolik bersifat turunan, keturunan sendiri bisa memengaruhi risiko kanker hati, seperti hemokromatosis mengakibatkan tubuh menyerap terlalu banyak zat besi. Jika zat besi menumpuk di hati, bisa menyebabkan kanker hati. 
 
5.    Paparan zat aflatoksin.
Aflatoksin adalah salah satu penyebab penyakit kanker hati yang dibuat oleh jamur dalam gandum, kacang, kacang tanah, jagung, kedelai, dan beras. Saat berada pada lingkungan lembab, hangat, jamur ini akan berusaha menginfeksi makanan yang dimakan. Aflatoksin lebih cocok tumbuh di negara-negara tropis. Paparan zat ini merupakan faktor utama kanker hati. Risikonya lebih tinggi dari infeksi hepatitis B dan C. 
 
Penyebab atau faktor risiko kanker hati sebenarnya bukan hanya itu, tetapi banyak, seperti penggunaan alkohol berat, obesitas, diabetes tipe 2, dan masih banyak lagi. Namun, untuk menghindari kemungkinan yang akan terjadi, sangat dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter. Apalagi ini bersangkutan dengan salah satu organ terpenting di tubuh. Jangan sampai menunggu divonis menderita penyakit kanker hati terlebih dahulu. Segera ke dokter untuk mengecek kondisi tubuh Anda.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »