Obat-obat Alami buat Mengatasi Diare di Rumah

Yogurt

Ada banyak gangguan pencernaan yang sering dialami orang, salah satunya diare. Ketika gangguan tersebut muncul, perut akan jadi nggak nyaman, apalagi frekuensi keluar masuk kamar kecil semakin sering. Tenaga juga jadi semakin cepat terkuras karena kamu yang bolak balik WC dan harus menuntaskan BAB-mu yang lebih cair dari biasanya. 
 
Buat menyembuhkan gangguan sistem pencernaan itu, kamu bisa saja membeli obat-obatan diare di apotek. Tapi, nggak ada salahnya juga kok kamu meracik sendiri obat alaminya di rumah sebagai pertolongan pertama. Obat alami apa saja sih yang dimaksud? Coba kamu baca-baca dulu nih di bawah ini. 
 
Yogurt
Yogurt adalah makanan yang sangat menyehatkan buat sistem pencernaan. Kalau kamu mau cepat sembuh dari diare, coba kamu rutin konsumsi yogurt setiap hari sebagai obat alaminya. Di dalam makanan ini ada banyak bakteri baik atau probiotik, seperti Lactobacillus acidophilus. 
 
Bakteri yang ada di yogurt akan meningkatkan produksi bakteri baik di dalam usus dan mengurangi bakteri-bakteri jahat yang menjadi penyebab diare. Coba saja kamu konsumsi 2 gelas kecil yogurt setiap hari, pasti sakitmu akan jadi lebih berkurang dengan cepat. 
 
Jahe
Siapa sih yang nggak tahu jahe? Rempah ini sering banget dipakai buat dijadikan minuman hangat dan ampuh menyembuhkan berbagai penyakit, termasuk diare. Kamu yang mengkonsumsinya saat sedang mengalami gangguan pencernaan tersebut, sakit kram dan nyeri perut pasti akan jadi semakin berkurang. 
 
Coba saja kamu parut jahe (ukuran kecil) dan tambahkan dengan 1 sdm madu. Langsung konsumsi, ya tapi jangan langsung minum air putih agar efeknya bisa semakin efektif. 
 
Pisang
Kalau kamu ke dokter, mereka pasti akan menganjurkan kamu mengkonsumsi pisang buat menyembuhkan diarenya. Kenapa? Di dalam pisang kaya pektin yang fungsinya buat memadatkan feses, sehingga BAB nggak lagi encer.
Nggak hanya itu, pisang juga banyak kandungan kalium dan elektrolit yang sangat penting dibutuhkan sistem pencernaan agar BAB juga semakin lancar. Konsumsi pisang setiap hari selama diare, nggak usah banyak-banyak, cukup 2 pisang sehari saja. 
 
Banyak Minum
Komplikasi yang sering terjadi pada penderita diare adalah kurang dehidrasi atau kurang cairan di dalam tubuh. Cairan akan keluar terus-terusan melalui muntah atau feses yang cair. Makannya, kamu harus segera menggantinya dengan asupan air putih yang banyak. 
 
Nggak hanya air putih saja yang perlu kamu perbanyak, kamu juga wajib mengkonsumsi cairan lainnya sebagai pengganti elektrolit yang semakin berkurang karena mencret. Air kelapa, kuah kaldu, jus buah, dan oralit bisa menjadi pelengkap air putih loh. 
 
Kentang
Obat alami yang efektif menyembuhkan diare adalah kentang. Obat alami tersebut kaya kalium yang bisa meringankan gejala-gejala diare. Kamu bisa kok mengolahnya dengan mengukus atau merebusnya, sesuai selera kamu saja. 
 
Saat kamu mengukus dan merebusnya, jangan lupa berikan sedikit garam. Tapi, jangan tambahkan lagi dengan mentega, saus, atau bumbu yang asam lainnya. 
 
Selain mengkonsumsi obat-obat alami itu, lebih baik kamu juga harus menghindari makanan-makanan yang bisa memperparah diare. Ada makanan tertentu yang wajib banget kamu hindari, seperti makanan pedas, kafein, alkohol, dan susu. Kalau sudah terlalu parah, datang ke dokter agar diberikan obat atau penanganan khusus lainnya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar