Agar Selamat Selama Bekerja, Yuk Simak SOP Teknisi Tenaga Listrik

SOP Teknisi Listrik

Memiliki pekerjaan dengan resiko tinggi, tentu diperlukan pelatihan khusus dan sesuai dengan SOP yang berlaku di perusahaan tersebut. Apabila tidak menjalankan sesuai dengan SOP, ada kemungkinan keselamatan menjadi taruhannya. Salah satu pekerjaan yang memiliki resiko tinggi adalah teknisi tenaga listrik. Sebab, sudah banyak kasus yang menewaskan seseorang akibat trsengat listrik. Oleh karena itu, yuk kenali apa itu SOP bagi teknisi tenaga lsitrik. 
 

Tugas Dan Tanggung Jawab Dari Teknisi Tenaga Listrik

1. Ahli Teknik Tenaga Listrik Muda
Yang dimaksud dari ahli muda tenaga listirk, adalah mereka yang telah ahli dan memiliki kompetensi untuk melaksanakan pekerjaan ini, mulai dari perencanaan  dan pemasangan ataupun perawatan instalasi listrik. Selain itu, dibutuhkan penerapan dan tenaga di dalam ataupun di luar ruangan, dimana  nantinya akan disambungkan dengan jaringan yang memiliki tegangan mencapai 197 KVA. 
 
Tugas utama dari teknisi ini, adalah menerapkan ketentuan berdasarkan beberapa prinsip yang terbagi menjadi sistem manajemen mutu dan sistem manajemen keselamatan, kesehatan kerja, lingkungan, dan lingkungan pekerjaan. Selain itu, diperlukan komunikasi dan kerjasama tim yang solid terutama ketika memasuki area tempat kerja. Sebab, pekerjaan ini tidak bisa diselesaikan secara individu. 
 
Tidak hanya itu saja, tugas yang perlu dilakukan adalah mulai dari merencanakan, melaksanakan, serta mengawasi setiap pekerjaan instalasi yang memanfaatan tenaga listrik dengan daya maskimumnya mencapai 197 KVA. Selain itu, perlu adanya perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan terhadap pekerjaan instalasi mengenai distribusi tenaga listrik dengan tegangan rendah. Walaupun tenaga listrik rendah, harus dilakukan sesuai apa itu SOP teknisi tenaga listrik.
 
2. Ahli Teknik Tenaga Listrik Madya
Yang dimaksud dengan teknik tenaga madya, adalah seseorang yang telah ahli dan memiliki kompetensi untuk melakukan pekerjaan sesuai dengan perencanaan, pemasangan, hingga perawatan instalasi listrik. Selain itu, dibutuhkan pula tenaga untuk di dalam maupun di luar ruangan, dimana nantinya tenaga tersebut akan disambungkan dengan jaringan tegangan rendah, jaringan dengan tegangan menengah.
 
Tidak hanya itu saja, teknik tenaga listrik madya juga perlu melaksanakan pembangunan pekerjaan dengan jaringan tegangan tingkat rendah, jaringan dengan tegangan tingkat menengah, gardu hubung,  gardu distribusi, serta sentral untuk pembangkit tenaga listrik yang memiliki tegangan daya paling tinggi sekitar 5 MVV. Dengan tegangan yang cukup besar tersebut, menjadikan resiko pekerjaan ini semakin tinggi.
 
Agar sesuai dengan apa itu SOP llistrik ini , dibutuhkan tanggung jawab besar dalam menerapkan segala bentuk ketentuan prinsip, mulai dari  sistem manajemen mutu, sistem keselamatan, kesehatan kerja, lingkungan serta lingkungan pekerjaan. Lalu, jagalah komunikasi dan kerjasama tim agar tetap solid selama berada di temapt kerja. Kemudian, perlu adanya perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap pekerjaan instalasi dalam pemanfaatan tenaga listrik.
 
Tanggung jawab dan tugas lainnya dari teknik tenaga listrik madya, adalah adanya perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan terhadap segala bentuk instalasi untuk distribusi tenaga listrik dengan tegangan rendah serta tegangan menengah. Menurut apa itu SOP, diperlukan perencanaan, pelaksanaan, serta pelaksanaan dalam isntalasi pemangkit tenaga listrik yang memiliki kapasitas daya maksimum mencapai 5 MW per mesin. 
 
Tidak semua orang ingin bekerja dengan resiko yang sangat tinggi, sebab keselamatan mereka sewaktu waktu bisa terancam apabila tidak melakukan pekerjaan sesuai denagn SOP yang telah dibuat oleh perusahaan. Dengan resiko tinggi tersebut, tidak mengherankan bila pekerjaan  seperti teknik tenaga listrik tidak banyak diminati, namun keberadaannya sangat diperlukan bagi kehidupan sehari hari.

Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »

1 komentar:

komentar