Cabe Ciamis Terbukti Tahan Busuk dan Berkualitas

Haji Idak 08.00
Cabe Ciamis

Cabe adalah salah satu bahan dapur, yang penting dan dibutuhkan untuk pelengkap rempah-rempah masakan. Ketika kita menyimpan cabe, umumnya cabe tersebut akan mengalami pembusukkan atau sudah tidak sesegar ketika pertama kali dibeli. 

Namun, tahukah kamu bahwa ada cabe Ciamis yang tahan busuk dan berkualitas ? Yuk, kita simak ulasannya berikut. 

Ciamis Miliki Cabe Anti Busuk dan Berkualitas 
Memilih cabe yang berkualitas, tentu menjadi hal yang sering dipikirkan oleh masyarakat khususnya para ibu. Ketika membeli cabe dan menyimpannya baik di dalam kulkas atau tidak, umumya cabe tersebut akan mengalami penghitaman atau kulit yang tidak lagi sekencang ketika pertama membeli.

Namun cabe yang ditanam di wilayah agropolitan di Kabupaten Ciamis ini, seolah menjadi sebuah jawaban dari masalah para ibu rumah tangga. Cabe dari Panumpangan ini telah dikenal dengan jenis cabe, yang memiliki kualitas terbaik. 

Gelar ini pun semakin diperjelas dengan adanya tim kajian yang melibatkan beberapa para ahli, untuk melakukan penelitian pada hasil pertanian di Kabupaten Ciamis.
Menurut media online https://www.harapanrakyat.com/, pada tahun 2016 Pemkab Ciamis melakukan kerjasama dengan IPB, untuk mengetahui gambaran umum mengenai potensi pada Kabupaten Ciamis. 

Potensi yang diteliti tersebut, termasuk potensi pertanian serta peternakan. Tentunya seluruh penelitian tersebut dilengkapi dengan survey, penelitian, serta kajian. Salah satu yang diteliti oleh penelitian ini adalah, cabe Ciamis. 

Penelitian yang Dilakukan oleh IPB
Tim peneliti dari IPB langsung turun ke lapangan, dan melakukan penelitian terhadap lokasi pertanian. Bahkan tim peneliti pun meninjau serta menganalisis potensi pasar, pada setiap hasil peternakan dan pertaniannya. Pada hasil pertanian, diketahui bahwa cabe pada Kabupaten Ciamis merupakan komoditas terbaik. 

Menurut keseluruhan penelitian, cabe yang ditanam pada wilayah agorpolitan Kabupaten Ciamis memiliki kualitas yang sangat baik. Cabe yang dimaksud mencangkup cabe rawit, cabe kriting, maupun cabe merah. Dari penelitian itu pula, semakin dipertegas dengan tim peneliti melakukan suvey pasar. 

Tim dari IPB mengunjungi Pasar Caringin Bandung, dimana lokasi tersebut adalah pasar terbesar di Jawa Barat. Pada pasar terbesar tersebut, nyatanya cabe asal Ciamis telah cukup dikenal dan bahkan banyak diminati oleh pengunjung. 

Menurut para pedagang, cabe asal Ciamis ini memiliki tingkat kepedasan yang sangat terasa dan tidak mudah busuk. Dengan ciri khas tersebut, tak heran jika permintaan cabe asal Ciamis semakin mengingkat tajam. 

Cabe Asal Ciamis Memiliki Untung yang Menjanjikan
Bisnis cabe Ciamis ini memang cukup menjanjikan, potensi keuntungannya pun bisa dikatakan cukup besar. Meskipun begitu, pasokan cabe asal Ciamis ini tidak terlalu bisa memenuhi permintaan pasar. Hal ini karena pasokan cabe asal Ciamis masih mengandalkan suplay dari para petani tradisional. 

Para petani selalu menghitung musim, atau menghitung waktu yang tepat untuk menanam cabe. Hal ini dilakukan untuk mengurangi gagal panen, melihat tidak ada pasokan lain yang menghasilkan cabe asal Ciamis. Cara menanam ini pula, yang membuat lambatnya suplay cabe asal Ciamis dijual ke pasaran. 

Jika menghitung keungungannya, dari perhitungan modal benih dan perawatan akan membutuhkan sebesar Rp 6 ribu per satu kilonya. 

Namun keuntungan yang didapat untuk satu kilonya, bisa mendapatkan hingga Rp 40 ribu. Dari perhitungan tersebut saja, bisa dilihat begitu besar perbandingan serta keuntungan yang akan didapat oleh petani cabe Ciamis. 

Rempah - rempah dapur memang selalu menjadi bahan carian para ibu rumah tangga, diantaranya adalah cabe. Selama ini tentu kita harus membuang cabe yang sudah busuk, karena disimpan terlalu lama. 

Kini para ibu rumah tangga tidak perlu merasa rugi dengan membuang cabe, pasalnya dengan menggunakan cabe asal Ciamis terbukti berkualitas dan tidak mudah untuk membusuk.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »