Ini Dia Langkah Membuat CV

Haji Idak 11.49
proses pembuatan CV

Perusahaan yang memiliki bentuk CV berbeda dengan perusahaan yang memiliki bentuk PT. CV yang memiliki kepanjangan comanditaire venootscap merupakan salah satu bentuk hukum perusahaan yang paling umum dipakai oleh para pendiri perusahaan yang memiliki kriteria tertentu. Bagi pendiri perusahaan yang memiliki modal yang cukup besar, bisa menggunakan bentuk dasar PT. Sedangkan untuk yang memiliki modal terbatas, maka bentuk CV merupakan bentuk yang disarankan untuk dipakai untuk membuat sebuah perusahaan dengan modal kecil. Adapun proses pembuatan CV sebenarnya tidaklah sulit. Oleh karenanya banyak yang memilih untuk mendirikan sebuah CV jika dibandingkan dengan mendirikan sebuah PT untuk usaha yang akan didirikan.
 
Membuat perusahaan dengan bentuk CV sangat mudah untuk dilakukan. Adapun untuk mendirikan sebuah CV hanya perlu langkah mudah seperti berikut:
  •  Memenuhi persyaratan yang diperlukan untuk membuat CV. Seperti pendirian perusahaan harus dilakukan oleh minimal 2 orang dewasa yang memiliki kesehatan mental dan fisik yang bagus. Kemudian proses pendiriannya harus dilakukan dengan pengetahuan notaris untuk proses pendirian CV. Tujuannya adalah untuk pengesahan yang lebih akurat untuk pendirian cv yang diperlukan untuk pembuatan badan hukumnya. Keabsahan dari CV yang didirikan menjadi tidak perlu diragukan lagi karena sudah didirikan di depan notaris yang memiliki kekuatan hukum yang lebih kuat.
 
  • Mempersiapkan diri untuk pendirian CV secara lebih rinci. Seperti untuk nama CV, tujuan didirikan CV dan beberapa hal penting lainnya yang berkaitan dengan proses pendirian CV. Termasuk dimanakah nantinya CV tersebut akan berdiri. Alasannya adalah ketika  sudah mempersiapkan semua hal yang berkaitan dengan pendirian CV dan proses pembuatan akta notarisnya, maka proses pembuatan akta notaris untuk pendirian CV menjadi lebih mudah dan juga lebih cepat. Oleh karenanya, jika ingin mendirikan sebuah CV maka tempat yang akan menjadi alamat berdirinya kantor CV harus sudah dipersiapkan terlebih dahulu untuk mempercepat proses pembuatan akta notaris untuk mendirikan sebuah CV.
 
  • Melakukan pendaftaran CV tersebut ke pengadilan negeri agar mendapatkan pengesahan yang lebih akurat. Proses pengesahan CV di pengadilan negeri hanya memerlukan persyarata dokumen seperti  surat domisili untuk perusahaan dan juga NPWP. Surat domisili perusahaan dan juga NPWP harus mengatasnamakan perusahaan yang bersangkutan. Proses pengesahan di dalam pengadilan negeri sama sekali tidak sulit. Selain itu, tidak memerlukan waktu yang cukup lama. Sebab untuk mendirikan sebuah CV tidak seperti ketika akan mendirikan sebuah PT. Ketika mendirikan sebuah PT pengadilan harus melakukan pengecekan maupun klarifikasi untuk nama PT jangan sampai ada yang sama persis. Akan tetapi untuk pengesahan CV, proses ini sama sekali tidak diperlukan.
  • Apabila sebuah CV yang didirikan tidak akan digunakan untuk memenangkan tender proyek yang nilainya cukup besar, maka pengesahan di pengadilan negeri saja sudah cukup. Namun jika ingin memenangkan proyek yang besar maka ada persyaratan laiinnya harus dilengkapi. Seperti SIUp, TDP hingga pengukuhan pajak yang di atas namakan perusahaan. Semua persyaratan itu diperlukan untuk membuka peluang untuk memenangkan tender yang lebih besar dan juga lebih banyak. Proses untuk mendaftarkan diri dan memperoleh SIUP dan TDP harus dilakukan sendiri oleh pendiri perusahaan. Prosesnya sama sekali tidak sulit untuk dilakukan. Oleh karenanya sangat memungkinkan diurus dengan waktu yang sangat singkat.
 
Proses untuk membuat perusahaan dengan bentuk CV memang jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan membuat sebuah PT. Proses pembuatan sebuah PT memerlukan usaha dan waktu yang cukup panjang jika dibandingkan membuat CV. Persyaratan untuk membuat pT juga jauh lebih banyak dari membuat CV. Termasuk untuk ketersediaan modal juga menjadi persyaratan untuk membuat sebuah PT. Akan tetapi untuk membuat CV tidak diperlukan persyaratan modal yang harus dipenuhi. Oleh karenanya banyak pengusaha yang memilih untuk membuat perusahaan hanya dalam bentuk CV dibandingkan dengan membuat sebuah PT. Dokumennya juga cenderung lebih sederhana untuk pembuatan CV. Tidak heran jika pembuatan CV banyak yang merasa dimudahkan untuk mendirikan sebuah perusahaan berbentuk CV dibandingkan dengan berbentuk PT.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »